Paling mudah berinternet dengan berbagai macam cara dan tips

Oct 10, 2016

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Rambut sehat dan berkilau menjadi dambaan setiap orang khususnya wanita. Bagi wanita memiliki rambut yang sehat dan berkilau memberikan kepercayaan diri yang lebih dalam setiap penampilanya. Akhir-akhir ini banyak sekali penawaran dari salon kecantikan untuk perawatan rambut. Hal ini membuat sebagian para wanita tertarik untuk mencobanya. Alih-alih ingin melakukan perawatan rambut, tapi hasil yang didapat tidak seperti harapan. Tidak sedikit perawatan rambut di salon membuat rambut yang semula sehat dan berkilau menjadi kusam seperti tidak terawat. Padahal kita sendiri bisa melakukannya dirumah dengan bahan-bahan alami. Bagaimana cara merawat rambut yang benar dan baik? Berikut simak ulasannya dibawah ini.

Cara Merawat Rambut Secara Alami

cara merawat rambut
Faktanya, tidak semua produk yang ditawarkan untuk perawatan rambut kita cocok dengan jenis kulit kepala dan rambut. Itulah mengapa setelah melakukan perawatan rambut, bukannya semakin sehat malah sebaliknya. Melakukan perawatan rambut di salon sebenarnya tidak masalah. Namun penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat kimia serta alat-alat perawatan rambut seperti hair dryer yang terlalu lama membuat rambut kita mudah rapuh.

1. Lidah Buaya & Alpukat

lidah buaya
Cara merawat rambut yang pertama adalah kamu bisa membuat shampo kamu sendiri dari bahan alami. Seperti lidah buaya dan alpukat. Pada artikel sebelumnya, kita sudah memberikan membahas bagaimana cara menggunakan lidah buaya dan alpukat untuk cara mengatasi rambut rontok, pada artikel ini kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai masker rambut kamu. Caranya sama seperti pada artikel sebelumnya, yaitu ambil daging lidah buaya dan hancurkan bersamaan dengan buah alpukat, lalu oleskan ke rambut kamu. Lakukan seperti melalukan keramas biasa. Untuk hasil yang maksimal lakuan treatment ini sebanyak 2-3 minggu sekali.

2. Jus Daun Seledri
jus daun seledri
Daun seledri sangat bagus sebagai salah satu cara merawat rambut agar lembut. Caranya pun cukup mudah, buat jus daun seledri lalu diamkan selama semalam, kamu bisa taruh jus daun seledri di dalam botol. Keesokan paginya oleskan jus tersebut ke rambut kamu secara merata dan diamkan sekitar 10-15 menit selanjutnya bilas hingga bersih. Cara ini bisa kamu lakukan seminggu 2 kali atau sesuai kebutuhan.

3.  Cuka Sari Apel & Air Hangat

cuka apel
Rambut kamu lepek walau setelah keramas? 2 bahan diatas bisa membuat rambut kamu mengembang. Caranya campurkan cuka sari apel dengan air hangat kamu bisa gunakan perbandingan 1:1. Campuran bahan ini digunakan untuk membasahi rambut. Diamkan selama 5 menit lalu bilas hingga bersih sampai bau dari cuka hilang dari rambut kamu.

4. Jus Lemon

jus lemon
Mungkin sebagian dari kamu suka membuat atau membeli jus lemon untuk di konsumsi, tapi tahukah kamu? selain baik untuk tubuh kita, jus lemon ini juga sangat bagus untuk perawatan rambut kita. Jus lemon bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut yang kusam. Caranya setelah melakukan membilaskan terakhir saat keramas, aplikasi jus lemon pada rambut kamu diamkan sekitar 5-10 menit bilas kembali rambut kamu hingga bersih. Itulah cara merawat rambut dengan jus lemon.

5. Minyak Almond

minyak almond
Rambut yang kering dan kusam dapat membuat rambut kamu mudah rapuh. Untuk itu cara mengatasinya kamu bisa menggunakan minyak almond sebagai cara merawat rambut kering dan kusam. Minyak Almond bisa kamu manfaatkan sebagai vitamin rambut. Caranya sangat sederhana, tuangkan minyak almond kedalam mangkuk setelah itu panaskan selama kurang lebih 40 menit, lalu aplikasikan kepada rambut kamu secara merata. Diamkan selama 15-30 menit langkah selanjutnya bilas rambut kamu hingga bisa. Menggunakan shampo dan conditoner bisa kamu lakukan.

6. Jus Labu Botol

jus labu botol
Ambil beberapa potongan buah labu botol dan blender halus seperti jus. Setelah itu oleskan keseluruh bagian rambut kamu secara merata. Diamkan jus labu botol selama kurang lebih 30 menit agar ramuan jus labu ini meresap kedalam kulit kepala. Setelah 30 menit bilas rambut kamu hingga bersih dengan air bisa juga kamu menambahkan shampo kepada rambut kamu.

7. Baking Soda

baking soda
Siapa bilang baking soda cuma bisa digunakan untuk membuat kue. Selain untuk membuat kue. Baking soda bisa sebagai perawatan rambut kamu secara alami. Caranya larutkan baking soda sebanyak 3 sendok makan ke dalam air lalu gunakan campuran ini untuk membilas rambut kamu. Fungsi banking soda ini adalah untuk mengurangi kandung zat kimia yang berada didalam shampo atau sisa dari produk styling rambut yang kamu lakukan.

8. Rapikan Rambut

potong rambut
Rambut kamu bercabang? Ini dia tips nya. Rambut bercabang merupakan salah satu dari masalah kerusakan pada rambut maka dari itu cara merawat rambut rusak karena bercabang bisa kamu lakukan dengan cara potong rambut secara teratur, rambut bercabang biasanya terjadi disekitar ujung rambut. Oleh karena itu, rajinlah kamu merapikan rambut kamu setidaknya 3 bulan sekali memotong rambut. Selain terhindar dari masalah rambut bercabang, dengan melakukan pemotongan secara teratur membuat potongan rambut kamu tetap terjaga bentuknya. Sebagai tambahan info, sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menjadi salah satu akibat rambut kamu bercabang. Ada baiknya sebelum melalukan aktifitas diluar ruangan kamu bisa memberikan serum yang mengandung keratin yang baik untuk rambut kamu.

9. Teknik Menyisir Yang Benar

teknik menyisir rambut
Menyisir rambut adalah hal yang selalu dilakuan setiap hari. Tetapi untuk menyisir rambut sebenarnya ada teknik tersendiri agar rambut tidak kusut atau rontok. Pada saat menyisir lakukan gerakan menyisir dari bagian bawah rambut terlebih dahulu lalu bagian atas, hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kerontokan akibat rambut kusut. Tahukan kamu? sisir yang terbuat dari bahan plastik dapat menghantarkan listrik statis? hal ini akan membuat rambut kamu rusak. Maka dari itu, hindari menggunakan sisir bergigi berbahan plastik.

10. Konsumsi Makanan Yang Sehat

konsumsi makanan sehat
Tips merawat rambut terakhir adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Apa yang kamu konsumsi akan terlihat dari luar diri kamu. Maka dari itu selalu berusaha untuk mengkonsumsi makan yang sehat seperti perbanyak minum air putih, buah-buahan serta sayuran yang baik untuk tubuh dan rambut kamu.
Oke, itu dia 10 Cara Merawat Rambut Secara Alami dari kita. Kamu bisa memilih salah satu dari tips diatas untuk perawatan rambut kamu. Jangan malas ya untuk merawat rambut kamu secara alami. Semoga tips cara merawat rambut diatas bisa membantu kamu mengatasi permasalahan pada rambut.

Previous
Next Post »

Apa pendapat kamu tentang postingan di atas?

 

Contact Form

Name

Email *

Message *

Atas